BAB 9 “BERBICARA UNTUK KEPERLUAN AKADEMIK”


PERTEMUAN 10
BAB 9
“BERBICARA UNTUK KEPERLUAN AKADEMIK”
A.   Definisi Berbicara                                                                        
Berbicara merupakan salah satu keterampilan berbahasa dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang lebih sering memilih berbicara untuk berkomunikasi, karena komunikasi lebih  efektif jika dilakukan dengan berbicara. Berbicara memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.
Tarigan (1986: 3) mengemukakan bahwa berbicara adalah kemampuan seseorang dalam mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata yang bertujuan untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan orang tersebut.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (1996: 144) berbicara adalah suatu berkata, bercakap, berbahasa atau melahirkan pendapat, dengan berbicara manusia dapat mengungkapkan ide, gagasan, perasaan kepada orang lain sehingga dapat melahirkan suatu interaksi.
Berdasarkan beberapa pengertian yang dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa berbicara adalah suatu kemampuan seseorang untuk bercakap-cakap dengan mengujarkan bunyi-bunyi bahasa untuk menyampaikan pesan berupa ide, gagasan, maksud atau perasaan untuk melahirkan interaksi kepada orang lain.

A.    Pengertian Berbicara Untuk Keperluan Akademik
Menurut bahasa akademik berarti pendidikan atau proses belajar mengajar. Pengertian akademik itu sendiri jika dilihat dari latar belakang terminologis adalah sebuah keadaan dimana orang-orang bisa menyampaikan dan menerima gagasan, pemikiran, dan atau ilmu pengetahuan sekaligus melakukan pengujian terhadapnya secara jujur, terbuka, dan leluasa. Selanjutnya jika atmosfer akademik tumbuh maka kemudian akan berkembang menjadi kultur akademik, hal ini ditandai dengan tumbuhnya minat baca yang tinggi, tradisi berdiskusi dan berbeda pendapat, kreativitas menulis, serta proses belajar mengajar yang kondusif. Berbicara untuk keperluan akademik meliputi : Presentasi, Seminar, berpidato dalam situasi formal, dan belajar mengajar
B.    Macam – macam Berbicara Dalam Keperluan Akademik
Berbicara untuk keperluan akademik meliputi : Presentasi, Seminar, berpidato dalam situasi formal, dan belajar mengajar
a)    Presentasi
Presentasi berhubungan erat dengan komunikasi. Presentasi adalah suatu proses pertukaran informasi, gagasan, dan pikiran diantara dua orang atau lebih  dalam berkomunikasi. Bertujuan menginformasikan menghibur dan menggerakan untuk bertindak. 
            Teknik yang digunakan diantaranya adalah bersikap hormat, menghargai khalayak, menunjukan empati, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan menggunakan media sebagai pelengkap. Untuk keperluan akademik harus menggunakan
bahasa yang baku. Orang yang mempresantasikan biasanya mempunyai sebutan yang berbeda seperti : MC, presenter, entertainer, protocol, public speaker, moderator dan lain-lain.
Persiapan yang harus anda lakukan sebelum pelaksanaan presentasi yaitu :

Namun jika anda belum terlalu menguasai program itu, maka gunakanlah animasi yang biasa saja tidak apa, tapi jika ingin yang bagus tapi tidak terlalu repot untuk membuat animasinya, anda bisa mencari animasi yang sudah jadi dengan gambar yang berformatkan GIF, gambar itu bisa dicari di internet misalnya di situs google, pilih gambar lalu masukkan kata kunci misalnya gambar kucing, maka tulis pada kotak dialog search kucing.gif setiap kata kunci diakhiri tanda titik dan ditulis gif seperti contoh tadi. Maka pada hasil pencarian muncullah gambar-gambar yang berformat gif.

Setelah anda mengambil gambar tersebut, maka masukkanlah gambar itu pada presentasi anda sesuai dengan keinginan anda. Setelah semua selesai mengatur desain presentasi anda, maka cobalah untuk menslide shownya dan lihat tampilanya, jika sudah cukup bagus, maka anda sudah siap untuk presentasi anda.


Share:

No comments:

Post a Comment

Keep Traveling

Total Pageviews

Popular

Blog Archive

Recent Posts