Fungsi Pemasaran
Pengertian pemasaran menurut para ahli:
- Pemasaran merupakan sebagai
suatu proses sosial dan manajemenl yang membuat individu dan kelompok
mendapat apa yang mereka inginkan dan dapatkan dari penciptaan dan
pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. (Philip Kotler
dan Amstrong)
- Pemasaran merupakan
aktivitas manusia yang diarahkan untuk memenuhi keinginan dan
kebutuhan dari proses pertukaran. (Philip Kotler)
- Pemasaran merupakan sistem
keseluruhan dari aktivitas usaha yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang
dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial. (W Stanton)
- Pemasaran merupakan suatu
sistem keseluruhan dari aktivitas bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang-
barang yang dapat memuaskan kebutuhan dan mencapai pasar sasaran serta
tujuan perusahaan.
Tujuan Manajemen Pemasaran
Tujuan Pemasaran merupakan
mengetahui dan mengartikan pelanggan sedemikian rupa sehingga produk
yang di jual akan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, sehingga produk tersebut
bisa terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap
membeli sehingga yang harus di fikirkan selanjutnya ialah bagaimana membuat
produk tersebut tersedia.
Berikut adalah 3 Tujuan
Pemasaran
1. Jangka Pendek
Tujuan jangka pendek bagi perusahaan merupakan untung secepat mungkin. Dalam arti dapat menutup semua biaya-biaya produksi yang dipakai, dan jika ada kelebihan maka dikatakan laba atau untung.
Tujuan jangka pendek bagi perusahaan merupakan untung secepat mungkin. Dalam arti dapat menutup semua biaya-biaya produksi yang dipakai, dan jika ada kelebihan maka dikatakan laba atau untung.
2. Jangka Menengah
Tujuan jangka menengah merupakan mengoptimalkan mencapai titik lunas antara total biaya produksi dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan berusaha lebih memperbesar cakupan jumlah penjualan.
Tujuan jangka menengah merupakan mengoptimalkan mencapai titik lunas antara total biaya produksi dan total volume penjualan, memperluas cakupan promosi, dan berusaha lebih memperbesar cakupan jumlah penjualan.
3. Jangka Panjang
Untuk jangka panjang perusahaan mempertahankan para pelanggan setia agar tetap loyal sama produknya, antara lain dengan produk yang inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan.
Untuk jangka panjang perusahaan mempertahankan para pelanggan setia agar tetap loyal sama produknya, antara lain dengan produk yang inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta memberikan potongan harga khusus bagi pelanggan.
Konsep Pemasaran
Konsep-konsep utama pemasaran
meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan
kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita
dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah
suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan
merupakan kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan
merupakan keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan
kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.
Fungsi pemasaran
Berikut adalah 7 fungsi pemasaran:
1. Analisis Konsumen
1. Analisis Konsumen
Ialah suatu pengamatan
terhadap segala keinginan dan kebutuhan konsumen. Analisis konsumen
ini mengaitkan pengadaan peninjauan terhadap konsumen, menganalisis
informasi konsumen, pengevaluasian lokasi, pengembangan dan penentuan strategi
pada segmentasi pasar secara optimal.
2. Penjualan produk dan
jasa
Penjualan produk dan jasa, yang
merangkum banyak aktivitas dalam pemasaran, seperti promosi
penjualan, iklan, hubungan antar dealer, publisitas, manajemen tenaga penjualan
dan hubungan konsumen.
3. Perencanaan
Perencanaan terhadap produk dan
jasa diantaranya seperti berbagai kegiatan pengemasan produk, uji pemasaran,
gaya produk, pemanfaatan garansi dan penyediaan layanan konsumen. Salah satu
teknik perencanaan produk dan jasa yang paling efektif ialah uji pasar.
4. Penetapan harga
Stakeholder atau lima pemangku
kepentingan sangat mempengaruhi keputusan penetapan harga yakni : konsumen,
pemasok, distributor, pesaing dan pemerintah.
5. Distribusi
Distribusi, yang terdiri dari
penggudangan, cakupan distribusi, saluran-saluran distribusi, wilayah
penjualan, kurir transportasi, penjualan grosir, tingkat dan lokasi persediaan,
ritel dan lokasi tempat ritel.
6. Riset pemasaran
Yakni merupakan suatu
pengelompokan, pencatatan dan penganalisisan suatu informasi yang
berurutan berkenaan dengan berbagai macam persoalan yang terkait dengan
pemasaran. Kegiatan riset ini sangat mendukung semua fungsi bisnis pokok dari
suatu organisasi.
7. Analisis peluang
Analisis peluang, yang melibatkan
penilaian terhadap biaya, resiko dan manfaatnya yang terkait dengan pemasaran.
Ada tiga cara yang harus dilakukan dalam membuat analisis-biaya-manfaat (cost-benefit-analysis)
yakni: menghitung volume total biaya yang terlibat dengan suatu keputusan;
memperkirakan manfaat secara total dari keputusan yang dibuat; dan
membandingkan total biaya dengan manfaatnya. Jika manfaat yang diinginkan bisa
melewati total biaya, maka peluang tersebut menjadi lebih menjanjikan dan
menarik.
No comments:
Post a Comment