BAB 1 MAKNA PEMBANGUNAN


MAKNA PEMBANGUNAN
1. Pengertian Pembangunan Ekonomi
Secara umum, arti pembangunan ekonomi adalah suatu usaha untuk menaikkan pendapatan total dan pendapatan perkapita dangan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dangan parubahan mendasar dalam struktur ekonomi suatu nagara dan pemerataan pandapatan bagi panduduk suatu negara Adapun pangertian pambangunan ekonomi menurut para ahli sebagai berikut.

a.
Prof,Dr. Sumitro Djojohadikusumo
Pembangunan ekonomi adalah usaha memperbesar pandapatan per kapita dan menaikkan produktivitas per kapita dengan jalan menambah peralatan modal dan skill.

b.   G.M
Meier dan R.E. Baldeln
Pembangunan ekonomi adalah sualu proses dengan proses pendapatan nasional riil suatu perekonomian bertambah selama satu periode waktu yang panjang.

c.   Drs.Irawan
M.B.A. dan Dr.M.Suparmoko,M.A.
Pambangunan ekonomi adalah usaha untuk meningkatkan taraf hidup bangsa yang sering diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan rill perkapita.

Dari uraian di atas, pembangunan ekonomi mempunyai tiga sifat pooling, sebagai benkut.

a. Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses perubahan secara terus-menerus. Seperti halnya dengan manusia yang dimulai dari lahir, tidak langsung menjadi dewasa, letapi untuk menjadi dewasa harus melalui tahapan-tahapan pertumbuhan Seperti halnya dalam pembangunan ekonomi, setiap bangsa harus menjalani tahap-tahap perkembangan untuk menuju
kondisi yang adil,makmur,dan sejahtera.


b Pembangunan ekonomi berupaya meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat. Dalam hal Ini, berarti pembangunan ekonomi merupakan suatu usaha tindakan aktif yang harus dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan per kapita. Dengan demikian, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, pemeritah, dan semua elemen yang terdapat dalam suatu negara untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan. Hal ini dilakukan karena kenaikan pendapatan per kapita mancerminkan perbaikan dalam kesejahteraan
masyarakat.

c Upaya peningkatan pendapatan per kapita tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang panjang. Artinya, suatu perekonomian dapat dinyatakan dalam keadaan berkembang apabila pendapatan per kapita dalam jangka panjang cenderung meningkat. Hal ini tidak berarti bahwa pendapatan per kapita harus mengalam: kenaikan terus menerus

EKONOMI PEMBANGUNAN
Suatu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh negara-negara sedang berkembang dan mendapatkan cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut supaya negara-negara berkembang dapat membangun ekonominya dengan lebih cepat lagi.

PEMBANGUNAN EKONOMI
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya, atau
Suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang






PERHATIAN TERHADAP PEMBANGUNAN EKONOMI
Sebelum PD II para ilmuwan kurang memperhatikan pembangunan ekonomi, karena faktor-faktor sbb :
1.   Masih banyak negara sebagai negara jajahan
2.   Kurang adanya usaha dari tokoh masyarakat untuk membahas pembangunan ekonomi. Lebih mementingkan usaha meraih kemerdekaan dari penjajah.
3.   Para pakar ekonomi lebih banyak menganalisis kegagalan ekonomi dan tingginya tingkat pengangguran (depresi berat)
 
Pasca PD II, banyak negara memperoleh kemerdekaan (al : India, Pakistan, Phillipina, Korea & Indonesia), perhatian terhadap pembangunan ekonomi mulai berkembang disebabkan oleh :
1.   Negara jajahan yang memperoleh kemerdekaan
2.   Berkembangnya cita-cita negara yang baru merdeka untuk mengejar ketertinggalannya di bidang ekonomi.
3.   Adanya keinginan dari negara maju untuk membantu negara berkembang dalam mempercepat pembangunan ekonomi.

Share:

No comments:

Post a Comment

Keep Traveling

Total Pageviews

Popular

Blog Archive

Recent Posts