Bab 13 Penulisan Resume

A. Persiapan untuk Menulis Resume
Dalam mempersiapkan resume, ada tiga hal yang perlu dilakukan, yaitu: (a) mencari
informasi penting (esensi); (b) merencanakan resume, dan (c) membuat resume.
1. Mencari Informasi Penting
Sebelum membuat resume, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari berbagai
informasi penting yang relevan dengan jenis pekerjaan yang diinginkan. Kita dapat melakukan
analisis diri (self analysis), analisis karir (career analysis), dan analisis pekerjaan (job analysis)
a. Analisis DiriAnalisis diri akan dapat membantu seseorang dalam mengenali dirinya
sendiri secara lebih mendalam, termasuk semua kelebihan dan kekurangannya.
b. Analisis Karir
Sebagaimana dalam melakukan analisis diri, kita juga perlu membuat dan menjawab segala
macam pertanyaan yang berkaitan dengan karir kita di masa depan.
c. Analisis Pekerjaan
Secara umum, para lulusan suatu perguruan tinggi sedikit atau belum memiliki pengalaman
kerja. Pada tahap-tahap awal memasuki kerja, perusahaan telah menyediakan suatu program
orientasi atau pelatihan kepada mereka yang baru diterima sebagai karyawan suatu perusahaan.
Oleh karena itu, sebelum menyusun suatu resume, kita perlu memahami betul mengenai
pekerjaan tersebut.
2. Perencanaan Resume
Dalam merencanakan resume, perlu diperhatikan terlebih dahulu posisi atau pekerjaan yang
diminati atau yang akan menjadi tujuan karier. Setelah itu, perlu diperhatikan syarat syarat
pekerjaan,karakteristik pribadi yang diperlukan, dan data data lain yang dapat ditambahkan
dalam resume. Dalam merencanakan resume ada 3 hal yang perlu di perhatikan:
 Tujuan karir
 Informasi pribadi
 referensi
3. Pembuatan ResumeResume dapat dibuat dalam berbagai bentuk.
Resume yang baik menekankan pada kompabilitas kualifikasi kita dan perspektif persyaratan
kerja. Secara umum, resume mencakup nama, alamat lengkap, tujuan kerja, kualifikasi informasi
pribadi, dan referensi. Resume diorganisasikan sedemikian rupa agar mencolok dan menarik
perhatian pemberi kerja. Resume dapat dibuat dalam satu halaman, tetapi untuk melamar posisi
yang lebih tinggi resume biasanya dibuat lebih panjang.
 Rencana Pengorganisasian

Berdasarkan cara pengorganisasiannya, resume dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis resume,
yaitu :
1. Resume kronologis.
2. Resume fungsional
3. Resume kombinasi·
 Masalah dalam Membuat Resume
Beberapa masalah yang muncul berkaitan dengan pembuatan resume yaitu:
 Resume dibuat terlalu panjang, sehingga berkesan tidak tegas dan kemungkinan besar
memasukkan data yang tidak relevan sehingga tidak akan mencapai sasaran.
 Resume yang ditulis terlalu singkat, sehingga tidak memberikan informasi/data yang
cukup bagi pembaca untuk melakukan penelaahan yang lebih dalam.
 Format penulisan resume kurang baik, inden tidak konsisten, kurang memperhatikan
tanda baca dan sejenisnya, sehingga isi resume sulit dimengerti.
 Terlalu banyak mengunakan kalimat yang bersifat kompleks. Alangkah baiknya kalau
kalimat yang digunakan bersifat sederhana atau simpel.
 Resume mengandung banyak kesalahan ketik/tulis dan yang lebih fatal lagi kesalahan
penyusunan kalimat.
 Pelamar tidak dapat menunjukan secra tegas dalam resume tujuan pekerjaan yang
dikehendaki.
 pelamar menampakan keyakinan yang berlebihan (overconfidence)
 Ada pelamar yang tidak jujur saat mencantumkan data dalam resume.
Share:

No comments:

Post a Comment

Keep Traveling

Total Pageviews

Popular

Blog Archive

Recent Posts