SILABUS
PENGANTAR EKONOMI PEMBANGUNAN
Pembangunan Ekonomi, adalah
pengantar untuk studi tentang keadaan ekonomi dan masalah ekonomi
berpenghasilan rendah dan menengah. Kursus ini mempertimbangkan kontribusi
analisis ekonomi dapat menjelaskan mengapa beberapa negara miskin dan yang lain
kaya. Ini meneliti sejumlah masalah spesifik yang sentral bagi kehidupan
orang-orang yang tinggal di negara berkembang.
Penilaian
kursus
1.
Partisipasi dalam kelas ............................................. ...................
15%
2.
Tugas ...............................................
............................................ 25%
3.
Ujian tengah semester ..............................................
................... 30%
4.
Ujian akhir ..................................................
................................ 30%
Aturan
kuliah
1.
Mahasiswa dan dosen dilarang memakai sandal dan merokok di ruang kelas.
2.
Kelas diberhentikan, jika tanpa pemberitahuan, 20 menit dari jadwal dosen belum
hadir.
3.
Toleransi keterlambatan mengajar untuk siswa adalah 15 menit.
4.
Agar dapat mengikuti ujian akhir semester, siswa harus menghadiri setidaknya
80% dari total kuliah.
5.
Penghubung komunikasi antara dosen dan mahasiswa adalah kepala kelas.
6.
Siswa yang bekerja bersama atau menyontek saat ujian secara otomatis
dikeluarkan dari kelas selama 1 semester dan mendapat nilai E.
Minggu ke
|
Pokok Bahasan
|
Sub pokok bahasan
|
1
|
Pendahuluan
|
1.
Kontrak kuliah
2.
Garis besar kuliah
|
2
|
Makna
pembangunan
|
1.
Definisi pembangunan dan pertumbuhan
ekonomi
2.
Sasaran, manfaat, dan kerugian pembangunan
3.
Indikator pembangunan ekonomi
|
3
|
Karakteristik
negara berkembang
|
1.
Defenisi negara-negara berkembang
2.
Karakteristik negara berkembang
3.
Ukuran tingkat ekonomi suatu negara
|
4
|
Faktor
Pembangunan
|
1.
Faktor non ekonomi dalam pembangunan
2.
Faktor ekonomi dalam pembangunan
3.
Rasio Output Modal Tambahan (ICOR)
|
5
|
Perubahan
Struktur Ekonomi dalam pembangunan
|
1.
Perubahan kontribusi sektor produksi
nasional
2.
Perubahan dalam pekerjaan di sektor produksi
|
6
|
Hambatan
pembangunan
|
1.
Hambatan pembangunan dari dalam negeri
2.
Hambatan pembangunan dari luar negeri
|
7
|
Presentasi tugas kelompok
|
|
8
|
UTS |
|
9
|
Persyaratan
dasar pembangunan
|
1.
Enam prasyarat dasar pembangunan
2.
Aplikasi untuk Indonesia
|
10
|
Penghasilan
per kapita sebagai indeks kesejahteraan
|
1.
Beberapa kelemahan pendapatan per kapita
sebagai indeks kesejahteraan
2.
Memperbaiki cara membandingkan
kesejahteraan
|
11
|
Pertumbuhan,
kemiskinan, dan pemerataan pembangunan
|
1.
Pertumbuhan
2.
Kemiskinan
3.
Konsep dasar ukuran ekuitas pendapatan
|
12
|
Modal
manusia: Pendidikan dan Kesehatan dalam Pembangunan Ekonomi
|
1.
Peran sentral pendidikan dan kesehatan
2.
Investasi dalam pendidikan dan kesehatan
3.
Pekerja anak
4.
Kesenjangan gender: diskriminasi dalam
pendidikan dan kesehatan
|
13
|
Kebijakan
ekonomi dalam pembangunan
|
1.
Kebijakan moneter
2.
Kebijakan fiskal
|
14
|
Sumber
Pembiayaan Pembangunan
|
1.
Sumber pembiayaan dari dalam negeri
2.
Sumber pembiayaan dari luar negeri
|
15
|
Presentasi kelompok
|
|
16
|
UAS
|
Course grades
Grades
|
Alphabet
|
weight
|
85-100
|
A
|
4
|
80-84
|
A-
|
3,75
|
75-79
|
B+
|
3,5
|
70-74
|
B
|
3
|
65-69
|
B-
|
2,75
|
60-64
|
C+
|
2,5
|
55-59
|
C
|
2
|
45-54
|
D
|
1
|
0-44
|
E
|
0
|
Reference
1.
Michael
P. Todaro dan Stephen C. Smith. 2012. Economic Development 11th Edition.
Pearson, New York.
TUGAS
UNTUK MAHASISWA
MATA
KULIAH PENGANTAR EKONOMI PEMBANGUNAN
A.
Tugas
Individu
·
Mahasiswa
membuat essai mengenai kasus-kasus yang terkait dengan materi ekonomi
pembangunan.
·
Tugas
essai pertama terkait dengan materi perkuliahan sepanjang periode pertengahan
semester.
·
Tugas
essai kedua terkait dengan materi perkuliahan sepanjang periode akhir semester.
·
Struktur
essai terdiri dari pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan),
pembahasan, dan impilkasi kebijakan.
·
Aturan
penulisan essai sebagai berikut:
1.
Ditulis
dengan huruf time news roman font 12
2.
Diketik
dalam format kertas A4
3.
Menggunakan
spasi 1.5 dan margin 3
4.
Melampirkan
artikel kasus yang dijadikan sebagai rujukan tulisan
5.
Tulisan
paling minimal 3 halaman dan paling banyak 5 halaman diluar cover dan lampiran
B.
Tugas
Kelompok
·
Kelas
dibagi menjadi 8 kelompok
1.
Tugas
di setiap pertemuan perkuliahan sepanjang semester
Ø Tugas berupa survei lapangan terkait dengan
kondisi pembangunan ekonomi di Provinsi Bengkulu
Ø Masing-masing kelompok bebas menetukan tema
project yang dikerjakannya
Ø Hasil tugas berupa video yang akan
dipresentasikan pada setiap pertemuan kuliah berdasarkan urutan tampil yang
telah diundi sebelumnya.
2.
Tugas
Pra-ujian tengah semester
Ø Tugas browsing internet tentang suatu negara
yang akan dipresentasikan dan didiskusikan dikelas.
Negara-negara
tersebut dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu kelompok negara berkembang
dan kelompok negara maju.
·
kelompok
I : developing country (pilih: Turki,
Vietnam, India, Malaysia, Brazil, Haiti, Afrika Selatan, Meksiko, Maroko, Saudi
Arabia)
·
kelompok
II : developed country (pilih:
Finlandia, Denmark, Jepang, Hongkong, Korea Selatan, Australia, Kanada,
Inggris, Singapura)
Pengelompokkan
negara di undi di kelas, 4 kelompok untuk negara berkembang dan 4 kelompok
untuk negara maju.
Ø Tugas dibuat dalam bentuk makalah yang berupa
informasi asli dari internet dan resumenya.
Ø Tugas dipresentasikan dalam bentuk powerpoint
Ø Tugas dikumpulkan dan dipresentasikan
seminggu sebelum UTS dan seminggu sebelum UAS
§
Informasi
yang dicari untuk tugas kelompok pra ujian tengah semester dan ujian akhir
semester:
i.
Ibukota
negara, luas wilayah, jumlah penduduk, GNP, GDP, pendapatan perkapita, komoditi
ekspor dan impor.
ii.
Faktor
sosial: Tingkat buta huruf, Indeks Pembangunan Manusia, dan Budaya.
iii. Faktor penghambat pembangunan
iv. Faktor pendukung pembangunan
v.
Foto
kondisi negara yang dipilih (minimal 4)
No comments:
Post a Comment