BAB 16 KEWIRAUSAHAAN DALAM KONTEKS GLOBAL

Tantangan global kewirausahaan
Setiap usaha dan perusahaan harus berusaha untuk mencari keunggulan-
keunggulan untuk bersaing. Setiap produk, usaha, dan perusahaan yang tidak
mempunyai keunggulan tidak akan banyak kemajuan, dan tidak akan menang
dalam persaingan. Beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh wirausahawan
antara lain :
Persaingan global
Pengangguran
Tanggung jawab social
Kemajuan teknologi
Gaya hidup dan kecenderungannya
Tantangan etika
Keanegaragaman angkatan kerja
Pertumbuhan penduduk
Sumber daya yang bergerak ke pasar internasional adalah sumber daya yang
memiliki kualitas tertentu, seperti keunggulan, nilai tambah, dan nilai guna.
Pertumbuhan penduduk dunia yang cepat disertai persaingan yang tinggi akan
menimbulkan berbagai angkatan kerja yang kompetitif.
Para wirausahawan harus merespon danmenyesuaikan dengan perkembangan
gaya hidup dan kecenderungannya, keanekaragaman angkatan kerja, dan etika
berusaha.
Untuk mencapai berbagai tantangan tersebut diperluka sumber daya berkualitas
yang dapat menciptakan berbagai keunggulan diantaranya melalui proses kreatif
dan inovatif kewirausahaan. Wirausahawan kreatif dan inovatif tersebut dapat
terjadi apabila ada proses pendidikan kewirausahaan.

Barang dan jasa yang unggul adalah produk yang memiliki daya saing.
Produk yang unggul bagi konsumen adalah produk barang dan jasa yang memiliki
nilai tambah. Produk barang dan jasa yang memiliki nilai tambah mempunyai ciri-
ciri sebagai berikut :

Mengandung kebaruan (berbeda)
Memiliki kegunaan tambahan
Memiliki kemudahan untuk dipergunakan

v Menuju pasar internasional
è Ekspor
Persoalan ekspor menyangkut bagaimana barang-barang yang akan dijual di luar
negeri sampai konsumen.
Ekspor tidak langsung
Yaitu dengan menggantikan proses ekspor kepada suatu perusahaan manajemen
ekspor (export management company-EMC).
fungsi EMC adalah :
Melakukan riset pasar
Mengembangkan jejaring distribusi
Melakukan kontak-kontak berharga bagi perusahaan
Mengidentifikasi beberapa aspek gangguan yang berhubungan dengan Negara
tertentu.
EMC ini dibayar sehingga perlu dipertimbangkan keahliannya. Akibatnya, ada
beberapa tambahan pembiayaan (cost) ekspor berikut :

Biaya waktu pengumpulan yang panjang
Biaya asuransi yang meliputi asuransi atas tunggakan ynag tidak dibayar oleh
pelanggan dan asurand=si yang berhubungan dengan ketidakstabilan
pemerintahan.
Pajak yang dibayarkan kepada pemerintahan yang di luar negeri.
Biaya administrasi

Ekspor langsung
Perusahaan itu sendiri yang langsung membawa dan memasarkan
produknya di pasar luar negeri. Biasanya menggunakan beberapa perwakilan
penjualan yang tersusun seczra sederhana dan langsung. Perwakilan perusahaan
tersebut merupakan agen independen yang diberi komisi.

è Impor
Untuk memperendah ongkos produk barang yang ditawarkan oleh pemasok
dalam negeri, wirausahawan pengimpor dapat mempertinggi kualitas produk
dengan cara mencari produk-produk berkualitas dalam bentuk desain yang
unggul, ketahanan, penampilan, dan bebrapa elemen lainnya yang diperlukan
oleh pembeli.
Untuk memulia bisnis dalam bidang impor diperlukan halhal berikut :
Pengetahuan tenytang pasar yang sudah tersedia
Kemampuan untuk melakukan pencarian industri yang ada pada lingkup global
Pemahaman tentang perdagangan internasional dan sangat mengenal proses
impor
Wirausahawan harus mengetahui tentang pencarian peluang. Peluang tersebut
lebih terarah pada beberapa item yang tidak tersedia di dalam negeri. Setelah

terjadi kesepakatan dan transaksi, langkah berikutnya adalah bagaimana barang-
barang bisa masuk ke dalam negeri, ada beberapa langkah yaitu :
Entry
Untuk memasukkan barang, diperluakn beberapa dokumen sebagai berikut :
A bill of lading, airway bill, or carrier’s sertificate (dokumen khusus pengimpor)
A commercial invoice (diperoleh dari penjual)
Entry manifest (daftar yang terperinci)
Packing list
Appraisal
Untuk melihat keakuratan nilai barang yang akan dikirim dengan penerima atau
nilai transaksi.
Classification
Pengelompokan produk yang akan diimpor sangat penting untuk menentukan
batas tariff
Liquidation
Merupakan langkah terakhir masuknya barang untuk dibayar yang disesuaikan
dengan biaya dan nilai barang yang dinilai. Setelah barang masuk, cara yang
paling sederhana untuk menjual barang-barang impor adalah kepada keluarga,
teman, dan asosiasi.
Share:

No comments:

Post a Comment

Keep Traveling

Total Pageviews

Popular

Blog Archive

Recent Posts