BAB 9 Penulisan Bad-News

A. Strategi Pengorganisasian Pesan-pesan Bad-News
Pada saat memberi tanggapan atas keluhan pelanggan, mengkomunikasikan permasakahan
pesanan atau memberitahukan perubahan kebijakan perusahaan yang dapat mengubah citra
organisasi bisnis secara negative ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu:
1. Penyampaian bad-news
2. Penerimaan pesan tersebut
3. Menjaga goodwill sebaik mungkin dengan pelanggan
Berikut ini adalah cara pengorganisasian pesan-pesan bad-news yaitu sebagai berikut :
1. Menciptakan audience-Centered Tone
Nada atau intonasi dalam penyampaian pesan bad-news harus memiliki spesifikasi seperti
berikut ini:
 Membantu audiens mengerti bahwa bad-news menggambarkan keputusan yang tegas
 Membantu audiens mengerti bahwa keputusan anda adil
 Membanu audiens agar tetap memberikan goodwill pada perusahaan
Usahakan focus pada audiens tone dalam menyampaikan pesan-pesan baad-news.
2. Memilih perencanaan organisasional
B. Mengkomunkasikan Informasi dan Jawaban Negatif
Dalam situasi seperti ini, keterampilan komunikasi seorang komunikator diuji saat
mengatakan “tidak” dengan tetap menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak di kemudian
hari.
 Bad-news tentang produk
Pada penyampaian bad-news tentang produk bagi para pelanggan (misalnya kenaikan harga
pokok produk atau penarikan produk), lebih baik digunakan pendekatan tidak langsung yang
diawali dengan pernyataan yang bersifat netral, didukung dengan alasan logis, baru disampaikan
pesan bad-news serta diakhiri dengan pernyataan yang positif dan bersahabat.
 Penolakan kerja sama
 Penolakan Undangan
 Penyampaian Bad-news ke Pelanggan
Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatika dalam penyampain pesan-pesan bad-news yaitu:
 Tetap bekerja sebaik mungkin menuju kepada terwujudnya suatu penjualan ulang (resale)
 Tetap menjaga instruksi atau informasi tambahan sejelas mungkin
 Tetap optimis dan percaya diri sehingga pembaca tidak akan kehilangan minat

C. Bad-news tentang Orang
Dibawah ini adalah beberapa bad-news tentang orang yang dimana fokusnya ada dalam
organisasi bisnis yaitu:
 Penolakan menulis surat rekomendasi
 Penolakan lamaran pekerjaan
 Surat penolakan kredit
Share:

No comments:

Post a Comment

Keep Traveling

Total Pageviews

Popular

Blog Archive

Recent Posts