BAB 3 Komunikasi Bisnis Lintas Budaya

A. Pengertian Komunikasi Bisnis Linta Budaya
Komunikasi bisnis linta budaya adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis
baik komunikasi verbal maupun non-verbal dengan memperhatikan factor-faktor budaya di suatu
daerah, wilayah atau negara.
A. Pentingnya Komunikasi Bisnis Lintas Budaya
Komunikasi bisnis lintas budaya kini semakin penting Karena du berbagai belahan dunia kini
bermunculan suatu pola kerja sama ekonomi secara regional seperti kawansan ASEAN, Asia
Pasific, Eropa, Kanada, Amerika Utara dan Amerika lain.
B. Memahami Budaya dan Perbedaannya
Setiap negara tentu memiliki budaya sendiri yang berbeda dengan negara lain. Pemahaman
terhadap budaya dan perbedaanya menjadikan modal penting pada saat akan menjadi hubungan
kerja sama.
1) Definisi budaya menurut Lehman , Himstreet dan Baty, budaya diartikan sebagai
sekumpulan pengalaman hidup yang ada dalam masyarakat mereka sendir
2) Komponen Budaya
Budaya memiliki beberapa komponen yaitu budaya material, lembaga social, system
kepercayaan, estetika dan Bahasa
3) Tingkatan Budaya
Terdapat tiga tingkatan budaya yaitu:
 Formal
 Informal
 Teknis
4) Mengenal Perbedaan Budaya
Mengenal perbedaan budaya suatu negara merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi
secara efektif. Perbedaan budaya dapat dilihat dari :
 Nilai-nilai social
 Peran dan status
 Pengambilan keputusan
 Konsep waktu
 Konsep jarak komunikasi
 Konteks budaya
 Bahasa tubuh
 Perilaku social
 Perilaku etis
 Perbedaan budaya perusahaan

C. Komunikasi dengan Orang Berbudaya Asing
Ketika anda ingin pergi keluar negeri, anda harus siap menghadapi budaya yang sama sekali
berbeda dengan budaya anda sendiri.
Share:

No comments:

Post a Comment

Keep Traveling

Total Pageviews

Popular

Blog Archive

Recent Posts