STRATEGI
BISNIS
Pengertian
Strategi Bisnis.
Pengertian Definisi
Arti - Secara umum bahwa Strategi bisnis adalah cara untuk mencapai tujuan yang
diinginkan. Ini bisa diartikan juga digambarkan sebagai perencanaan bisnis
jangka panjang. Biasanya manajemen strategi bisnis akan mencakup periode
sekitar 3-5 tahun (bahkan lebih lama).
Tentu saja strategi manajemen melibatkan perumusan dan implementasi tujuan utama dan inisiatif yang diambil oleh manajemen puncak perusahaan atas nama pemilik, berdasarkan pertimbangan sumber daya dan penilaian lingkungan internal dan eksternal di mana organisasi bersaing.
Tentu saja strategi manajemen melibatkan perumusan dan implementasi tujuan utama dan inisiatif yang diambil oleh manajemen puncak perusahaan atas nama pemilik, berdasarkan pertimbangan sumber daya dan penilaian lingkungan internal dan eksternal di mana organisasi bersaing.
Itulah mengapa para ahli
mendefinisikan strategi bisnis yang baik adalah rencana aksi jangka panjang
yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu atau serangkaian tujuan atau
sasaran. Dimana strategi adalah rencana permainan manajemen untuk memperkuat
kinerja perusahaan.
Semua ini menyatakan bagaimana
bisnis harus dilakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tanpa manajemen
strategi tidak ada peta jalan untuk memandu mereka. Dalam penerapan lean
manufacturing di perusahaan kita mengenalnya dengan Hoshin Kanri atau Policy
Deployment.
Jenis-Jenis Strategi Bisnis
Jenis-Jenis Strategi Bisnis
Ada 3 jenis strategi dasar/ utama
perusahaan bisnis adalah pertumbuhan, stabilitas, dan pembaruan.
1. Pertumbuhan
- Strategi pertumbuhan adalah ketika organisasi memperluas jumlah pasar yang
dilayani atau produk yang ditawarkan, baik melalui bisnisnya saat ini atau
melalui bisnis baru. Karena strategi pertumbuhannya, organisasi dapat
meningkatkan pendapatan, jumlah karyawan, atau pangsa pasar. Organisasi tumbuh
dengan menggunakan konsentrasi, integrasi vertikal, integrasi horizontal, atau
diversifikasi.
2. Stabilitas - Strategi stabilitas adalah
strategi perusahaan di mana organisasi terus melakukan apa yang sedang
dilakukannya. Contoh kasus dari strategi ini termasuk terus melayani klien yang
sama dengan menawarkan produk atau layanan yang sama, mempertahankan pangsa
pasar, dan mempertahankan operasi bisnis organisasi saat ini. Organisasi tidak
tumbuh, tetapi tidak tertinggal juga.
3. Pembaruan
- Ketika organisasi bermasalah, sesuatu perlu dilakukan. Manajer perlu
mengembangkan strategi, yang disebut strategi pembaruan, yang mengatasi
penurunan kinerja. Dua tipe utama dari strategi pembaruan adalah strategi
penciutan (retrenchment) dan strategi turn around.
Jadi strategi
harus mengacu pada arah menuju tujuan. Taktik adalah tindakan yang diambil
untuk mendukung strategi itu. Sebagian besar bisnis berurusan dengan tujuan
strategis: strategi produk, harga, pemasaran, operasional dan keuangan.
Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan perusahaan dapat dilihat dari
beberapa faktor keberhasilan usaha secara umum, diantara faktor keberhasilan
tersebut:
·
Fokus Strategis (Kepemimpinan, Manajemen, Perencanaan) .
·
Orang (Personil, Staf, Belajar, Pengembangan)
·
Operasi (Proses, Pekerjaan)
·
Pemasaran (Hubungan Pelanggan, Penjualan, Responsivitas)
·
Keuangan (Aset, Fasilitas, Peralatan).
Dari 5 (lima)
faktor kunci kesuksesan serta keberhasilan diatas untuk perusahaan, maka
diperlukan taktik dan strategi bisnis dalam manajemen strategi yang tepat.
Apa itu Strategi dan Taktik Bisnis?
Apa itu Strategi dan Taktik Bisnis?
Strategi
mengacu pada arah menuju tujuan. Taktik adalah tindakan yang diambil untuk
mendukung strategi itu. Sebagian besar bisnis berurusan dengan lima jenis
strategi dan taktik yang digunakan untuk mencapai tujuan strategis: strategi
produk, harga, pemasaran, operasional dan keuangan.
Taktik
Fungsional adalah kunci, kegiatan rutin yang harus dilakukan di setiap bidang
fungsional yaitu manajemen sumber daya manusia (SDM), pemasaran (Marketing),
keuangan, produksi / operasi, penelitian dan pengembangan untuk menyediakan
produk dan layanan bisnis. Oleh karena itu taktik fungsional mendefinisikan
pemikiran (strategi besar) ke dalam tindakan yang dirancang untuk mencapai
tujuan jangka pendek tertentu. Setiap aktivitas rantai nilai (Value Added) di
sebuah perusahaan menjalankan taktik fungsional yang mendukung strategi bisnis
dan membantu mencapai tujuan strategis.
Contoh & Langkah Penting dalam Membangun Strategi Bisnis Perusahaan .
Adapun dalam cara-cara
yang bisa dilakukan sebagai langkah-langkah dalam menetapkan atau menentukan
strategi bisnis sangat penting memperhatikan beberapa aspek, diantaranya. :
1. Strategi
Pertumbuhan Strategi pertumbuhan memerlukan pengenalan produk baru atau
menambahkan fitur baru ke produk yang sudah ada. Kadang-kadang, perusahaan
kecil mungkin terpaksa mengubah atau meningkatkan lini produknya untuk bersaing
dengan pesaing. Jika tidak, pelanggan dapat mulai menggunakan teknologi baru
dari perusahaan yang kompetitif. Contoh kasus; perusahaan telepon seluler
terus-menerus menambahkan fitur baru atau menemukan teknologi baru. Perusahaan
telepon seluler yang tidak mengikuti permintaan konsumen tidak akan bertahan
lama dalam bisnis. Perusahaan kecil juga dapat mengadopsi strategi pertumbuhan
dengan mencari pasar baru untuk produknya. Terkadang, perusahaan menemukan
pasar baru untuk produk mereka secara tidak sengaja. contohnya, produsen sabun
konsumen kecil mungkin menemukan melalui riset pemasaran bahwa pekerja industri
menyukai produknya. Oleh karena itu, selain menjual sabun di toko ritel,
perusahaan dapat mengemas sabun dalam wadah yang lebih besar untuk pabrik dan
pekerja pabrik.
2.
Strategi Diferensiasi Produk Perusahaan kecil sering menggunakan strategi
diferensiasi produk ketika mereka memiliki keunggulan kompetitif, seperti
kualitas atau layanan superior. Sebagai contoh, produsen kecil atau pembersih
udara dapat memisahkan diri dari pesaing dengan desain teknik unggul mereka.
Tentunya, perusahaan menggunakan strategi diferensiasi produk untuk membedakan
diri dari pesaing utama. Namun, strategi diferensiasi produk juga dapat
membantu perusahaan membangun loyalitas merek.
3. Strategi Price-Skimming Strategi
penggelembungan harga (bahasa Inggris: Price-skimming) melibatkan pengisian
harga tinggi untuk suatu produk, khususnya selama fase perkenalan. Perusahaan
kecil akan menggunakan strategi penggelembungan harga untuk segera memulihkan
biaya produksi dan iklannya. Namun, harus ada sesuatu yang istimewa tentang
produk bagi konsumen untuk membayar harga selangit. Contohnya adalah pengenalan
teknologi baru. Perusahaan kecil mungkin yang pertama memperkenalkan panel
surya jenis baru. Karena perusahaan adalah satu-satunya yang menjual produk,
pelanggan yang benar-benar menginginkan panel surya dapat membayar harga yang
lebih tinggi. Salah satu kerugian dari Price-skimming adalah bahwa hal itu
cenderung menarik persaingan yang relatif cepat. Individu yang giat dapat
melihat keuntungan yang diperoleh perusahaan dan menghasilkan produk mereka
sendiri, asalkan mereka memiliki pengetahuan teknologi.
4. Strategi Akuisisi Perusahaan kecil dengan
modal ekstra dapat menggunakan strategi akuisisi untuk mendapatkan keunggulan
kompetitif. Strategi akuisisi melibatkan pembelian perusahaan lain, atau satu
atau lebih dari lini produknya. Misalnya, toko kelontong kecil di pantai timur
dapat membeli rantai belanja yang sebanding di Midwest untuk memperluas operasinya.
Supaya membantu mendapatkan gagasan atau ide yang lebih baik tentang jenis
strategi pemasaran bisnis yang harus digunakan, maka tentukan dulu apa yang
ingin dicapai dengan taktik pemasaran Anda.
Berikut ini contoh-contoh strategi pemasaran untuk pemasaran dengan
anggaran rendah.
Strategi Pemasaran
Blog dan Konten. Jika orang akan menginvestasikan waktu dan uang ke dalam bisnis kita,
pasti mereka ingin tahu sebelumnya apakah bisnis Anda akan membantunya
meningkatkan pendapatan dia. Maka cara yang lebih baik untuk melakukan ini
yaitu dengan menyediakan konten yang berharga dan bermanfaat di bidang keahlian
misal dengan blog bisnis, tunjukkan kemampuan dan keinginan bisnis yang
dijalankan untuk membantu orang lain, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan
yang paling mungkin mengubah pengunjung menjadi pelanggan yang membayar.
Optimisasi Mesin
Pencari. Terdapat jutaan situs web di luar sana, banyak yang fokus pada topik yang
sama seperti milik Anda. Ada banyak cara untuk membuat bisnis lebih menonjol,
tetapi satu cara yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan daripada
pesaing kita ialah bersaing di mesin pencari seperti Google dan Bing melalui
SEO.
No comments:
Post a Comment