E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital

Bab 10 E-Commerce: Pasar Digital, Barang Digital
10.1 E-COMMERCE DAN INTERNET
Pernahkah Anda membeli musik melalui Web atau streaming film? Pernahkah Anda menggunakan Web untuk mencari informasi tentang sepatu kets sebelum Anda membelinya di toko eceran? Jika demikian, Anda telah berpartisipasi dalam e-commerce. Pada tahun 2010, 133 juta orang Amerika dewasa membeli sesuatu secara online, seperti juga jutaan orang lainnya di seluruh dunia. Dan walaupun kebanyakan pembelian masih dilakukan melalui jalur tradisional, e-commerce terus berkembang pesat dan mengubah cara banyak perusahaan melakukan bisnis.
E-COMMERCE HARI INI
E-commerce mengacu pada penggunaan Internet dan Web untuk bertransaksi bisnis. Secara lebih formal, e-commerce adalah tentang transaksi komersial secara digital antara organisasi dan individu. Pada umumnya, ini berarti transaksi yang terjadi melalui Internet dan Web. Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya, uang) melintasi batas organisasi atau individu sebagai imbalan atas produk dan layanan.
MENGAPA E-COMMERCE BERBEDA
Mengapa e-commerce berkembang begitu pesat? Jawabannya terletak pada sifat unik internet dan web. Sederhananya, teknologi Internet dan e-commerce jauh lebih kaya dan hebat daripada revolusi teknologi sebelumnya seperti radio, televisi, dan telepon.
Dalam perdagangan tradisional, pasar adalah tempat fisik, seperti toko ritel, yang Anda kunjungi untuk bertransaksi bisnis. E-commerce ada di mana-mana, artinya tersedia di mana-mana, kapan saja. Ini memungkinkan Anda berbelanja dari desktop, rumah, di tempat kerja, atau bahkan dari mobil Anda, menggunakan mobile commerce. Hasilnya disebut marketpace-pasar melampaui batas-batas tradisional dan dihapus dari lokasi temporal dan geografis.
Dari sudut pandang konsumen, di mana mengurangi biaya transaksi untuk berpartisipasi dalam pasar. Untuk bertransaksi bisnis, tidak perlu lagi Anda menghabiskan waktu atau uang untuk pergi ke pasar, dan usaha mental yang jauh lebih sedikit diperlukan untuk melakukan pembelian. Teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas budaya dan nasional jauh lebih mudah dan hemat biaya daripada yang sebenarnya dalam perdagangan tradisional. Standar teknis universal Internet dan e-commerce sangat menurunkan biaya masuk pasar, pedagang harus membayar hanya untuk membawa barang mereka ke pasar. Pada saat yang sama, bagi konsumen, standar universal mengurangi biaya pencarian usaha yang dibutuhkan untuk menemukan produk yang sesuai. Kekayaan informasi mengacu pada kompleksitas dan isi sebuah pesan. Tidak seperti teknologi komersial abad kedua puluh, dengan kemungkinan pengecualian telepon, teknologi e-commerce bersifat interaktif, yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah antara pedagang dan konsumen. Internet dan Web sangat meningkatkan kepadatan informasi yaitu jumlah dan kualitas informasi yang tersedia bagi semua pelaku pasar, konsumen, dan pedagang.
Kepadatan informasi di pasar e-commerce membuat harga dan biaya lebih transparan. Transparansi harga mengacu pada kemudahan konsumen untuk mengetahui variasi harga di pasar; Transparansi biaya mengacu pada kemampuan konsumen untuk menemukan biaya sebenarnya yang dibayarkan pedagang untuk produk. Teknologi e-commerce mengizinkan personalisasi: Pedagang dapat menargetkan pesan pemasaran mereka kepada individu tertentu dengan menyesuaikan pesan dengan nama, minat, dan pembelian sebelumnya. Teknologi ini juga memungkinkan kustomisasi (mengubah) produk atau layanan yang disampaikan berdasarkan preferensi pengguna atau perilaku sebelumnya. Berbeda dengan teknologi sebelumnya, teknologi Internet dan e-commerce telah berevolusi menjadi lebih sosial dengan memungkinkan pengguna membuat dan berbagi dengan teman-teman mereka (dan komunitas yang lebih besar di seluruh dunia) dalam bentuk teks, video, musik, atau foto. Dengan menggunakan bentuk komunikasi ini, pengguna dapat menciptakan jejaring sosial baru dan memperkuat jaringan yang ada.
KONSEP KUNCI DALAM E-COMMERCE: PASAR DIGITAL DAN BARANG DIGITAL DI PASAR GLOBAL
Lokasi, waktu, dan model pendapatan bisnis sebagian didasarkan pada biaya dan distribusi informasi. Internet telah menciptakan pasar digital di mana jutaan orang di seluruh dunia dapat menukar sejumlah besar informasi secara langsung, cepat, dan gratis. Akibatnya, Internet telah mengubah cara perusahaan melakukan bisnis dan meningkatkan jangkauan global mereka. Internet mengurangi asimetri informasi. Asimetri informasi ada bila satu pihak dalam transaksi memiliki lebih banyak informasi yang penting untuk transaksi daripada pihak lainnya. Informasi itu membantu menentukan daya tawar mereka yang relatif. Di pasar digital, konsumen dan pemasok dapat “melihat” harga yang dikenakan untuk barang, dan dalam arti itulah pasar digital dikatakan lebih “transparan” daripada pasar tradisional. Pasar digital sangat fleksibel dan efisien karena beroperasi dengan biaya pencarian dan transaksi yang rendah, biaya menu yang lebih rendah (biaya pedagang untuk mengubah harga), diskriminasi harga yang lebih tinggi, dan kemampuan untuk mengubah harga secara dinamis berdasarkan kondisi pasar. Dalam penetapan harga dinamis, harga suatu produk bervariasi tergantung pada karakteristik permintaan dari pelanggan atau situasi penawaran penjual. Penghapusan organisasi atau lapisan proses bisnis yang bertanggung jawab atas langkah-langkah perantara dalam rantai nilai disebut disintermediasi.
Pasar digital Internet telah sangat memperluas penjualan barang digital. Barang digital adalah barang yang bisa dikirim melalui jaringan digital. Trek musik, video, film Hollywood, perangkat lunak, surat kabar, majalah, dan buku semuanya dapat diungkapkan, disimpan, dikirim, dan dijual sebagai produk digital murni.
10.2 E-COMMERCE: BISNIS DAN TEKNOLOGI
E-commerce telah berkembang dari beberapa iklan di portal Web awal pada tahun 1995, menjadi lebih dari 6 persen dari seluruh penjualan eceran pada tahun 2010 (sekitar $ 255 miliar), melampaui bisnis katalog pesanan lewat pos. E-commerce adalah kombinasi yang menarik dari model bisnis dan teknologi informasi baru. Mari kita mulai dengan pemahaman dasar tentang jenis e-commerce, dan kemudian menjelaskan model bisnis dan pendapatan e-commerce.
JENIS E-COMMERCE
Ada banyak cara untuk mengklasifikasikan transaksi perdagangan elektronik. Salah satunya adalah dengan melihat sifat peserta dalam transaksi perdagangan elektronik. Tiga kategori perdagangan elektronik utama adalah e-commerce business-to-consumer (B2C), business-to-business (B2B), dan consumer-to consumer (C2C) e-commerce.
  • Perdagangan elektronik business-to-consumer (B2C) melibatkan produk ritel dan layanan kepada pembeli individual. BarnesandNoble.com, yang menjual buku, perangkat lunak, dan musik ke konsumen individual, adalah contoh B2C e-commerce.
  • Perdagangan elektronik business-to-business (B2B) melibatkan penjualan barang dan jasa antar bisnis. Situs Web ChemConnect untuk membeli dan menjual bahan kimia dan plastik adalah contoh B2B e-commerce.
  • Consumer-to-consumer (C2C) perdagangan elektronik melibatkan konsumen yang menjual langsung ke konsumen. Misalnya, eBay, situs lelang Web raksasa, memungkinkan orang menjual barang mereka ke konsumen lain dengan melelang barang dagangan mereka ke penawar tertinggi, atau dengan harga tetap. Craigslist adalah platform yang paling banyak digunakan konsumen untuk membeli dan menjual langsung kepada orang lain.
Penggunaan perangkat nirkabel genggam untuk pembelian barang dan jasa dari lokasi manapun disebut mobile commerce atau m-commerce.
MODEL BISNIS E-COMMERCE
Perubahan dalam ekonomi informasi yang dijelaskan sebelumnya telah menciptakan kondisi bagi model bisnis yang sama sekali baru untuk muncul, sekaligus menghancurkan model bisnis yang lebih tua. Semua, dengan satu atau lain cara, gunakan Internet untuk menambahkan nilai ekstra pada produk dan layanan yang ada atau memberikan fondasi untuk produk dan layanan baru.
Portal
Portal seperti Google, Bing, Yahoo, MSN, dan AOL menawarkan alat pencarian Web yang hebat serta paket konten dan layanan terpadu, seperti berita, e-mail, pesan instan, peta, kalender, belanja, unduhan musik, video streaming, dan banyak lagi, semua dalam satu tempat. Awalnya, portal utamanya adalah “gateway” ke Internet. Hari ini, bagaimanapun, model bisnis portal menyediakan situs tujuan di mana pengguna memulai pencarian Web mereka dan berlama-lama membaca berita, menemukan hiburan, dan bertemu dengan orang lain, dan memaparkan iklan. Portal menghasilkan pendapatan terutama dengan menarik khalayak yang sangat besar, membebankan pengiklan untuk penempatan iklan, mengumpulkan biaya rujukan untuk mengarahkan pelanggan ke situs lain, dan membebankan biaya untuk layanan premium.
E-tailer
Toko ritel online, yang sering disebut e-tailers, hadir dalam semua ukuran, mulai dari Amazon raksasa dengan pendapatan 2010 lebih dari $ 24 miliar, hingga toko lokal kecil yang memiliki situs Web. Sebuah e-tailer mirip dengan etalase batu bata dan mortir yang khas, kecuali bahwa pelanggan hanya perlu terhubung ke Internet untuk memeriksa inventaris mereka dan melakukan pemesanan.
Penyedia konten
Sementara e-commerce dimulai sebagai saluran produk ritel, semakin berubah menjadi saluran konten global. “Konten” didefinisikan secara luas untuk mencakup semua bentuk kekayaan intelektual. Properti intelektual mengacu pada semua bentuk ekspresi manusia yang dapat dimasukkan ke dalam media berwujud seperti teks, CD, DVD, atau disimpan pada media digital (atau lainnya), termasuk Web. Penyedia konten mendistribusikan konten informasi, seperti video digital, musik, foto, teks, dan karya seni, melalui Web. Proposisi nilai penyedia konten online adalah konsumen dapat menemukan berbagai konten secara online, mudah, dan membeli konten ini dengan harga murah, untuk dimainkan, atau dilihat, di beberapa perangkat komputer atau smartphone. Podcasting adalah metode untuk mempublikasikan siaran audio atau video melalui Internet, sehingga memungkinkan pengguna untuk mendownload file audio atau video ke komputer pribadi atau pemutar musik portabel mereka. Streaming adalah metode penerbitan untuk file musik dan video yang mengalirkan arus konten kontinu ke perangkat pengguna tanpa disimpan secara lokal di perangkat.
Broker Transaksi
Situs yang memproses transaksi untuk konsumen yang biasanya ditangani secara langsung, melalui telepon, atau melalui pos adalah broker transaksi. Industri terbesar yang menggunakan model ini adalah jasa keuangan dan jasa perjalanan. Proposisi nilai utama broker transaksi online adalah penghematan uang dan waktu, serta menyediakan persediaan produk keuangan dan paket perjalanan yang luar biasa, di satu lokasi. Broker saham online dan layanan pemesanan perjalanan mengenakan biaya yang jauh lebih rendah daripada versi tradisional layanan ini.
Pencipta pasar
Pencipta pasar membangun lingkungan digital tempat pembeli dan penjual dapat bertemu, menampilkan produk, mencari produk, dan menetapkan harga. Proposisi nilai pencipta pasar online adalah mereka menyediakan platform tempat penjual dapat dengan mudah menampilkan barang dagangan mereka dan di mana pembeli dapat membeli langsung dari penjual.
Penyedia layanan
Sementara e-tailers menjual produk secara online, penyedia layanan menawarkan layanan secara online. Ada ledakan dalam layanan online. Aplikasi Web 2.0, berbagi foto, dan situs online untuk backup data dan penyimpanan semuanya menggunakan model bisnis penyedia layanan. Perangkat lunak bukan lagi produk fisik dengan CD di dalam kotak, namun semakin banyak perangkat lunak sebagai layanan (SaaS) yang dimana Anda berlangganan secara online daripada membeli dari pengecer (lihat Bab 5). Google telah memimpin pengembangan aplikasi layanan perangkat lunak online seperti Google Apps, Gmail, dan layanan penyimpanan data online.
Penyedia Komunitas
Penyedia komunitas adalah situs yang menciptakan lingkungan online digital di mana orang-orang dengan minat yang sama dapat bertransaksi (membeli dan menjual barang); berbagi minat, foto, video; berkomunikasi dengan orang yang berpikiran sama; menerima informasi terkait minat; dan bahkan bermain diluar fantasi dengan mengadopsi kepribadian online disebut avatar.
MODEL REVENUE E-COMMERCE
Model pendapatan perusahaan menggambarkan bagaimana perusahaan akan memperoleh pendapatan, menghasilkan keuntungan, dan menghasilkan laba atas investasi yang superior. Meskipun ada banyak model pendapatan e-commerce yang berbeda yang telah dikembangkan, sebagian besar perusahaan mengandalkan satu atau beberapa kombinasi dari enam model pendapatan berikut: iklan, penjualan, langganan, gratis / free, biaya transaksi, dan afiliasi.
Dalam model pendapatan iklan, situs Web menghasilkan pendapatan dengan menarik banyak pengunjung yang kemudian dapat terkena iklan. Model iklan adalah model pendapatan yang paling banyak digunakan dalam e-commerce, dan boleh dibilang, tanpa pendapatan iklan, Web akan menjadi pengalaman yang jauh berbeda dari apa adanya sekarang.
Dalam model pendapatan penjualan, perusahaan memperoleh pendapatan dengan menjual barang, informasi, atau layanan kepada pelanggan. Perusahaan seperti Amazon (yang menjual buku, musik, dan produk lainnya), LLBean.com, dan Gap.com, semuanya memiliki model pendapatan penjualan. Sistem mikropayment menyediakan penyedia konten dengan metode biaya-efektif untuk memproses volume transaksi moneter sangat kecil (dari $ 25 sampai $ 5,00 per transaksi).
Dalam model pendapatan berlangganan, situs Web yang menawarkan konten atau layanan mengenakan biaya berlangganan untuk akses ke beberapa atau semua penawarannya secara berkelanjutan. Penyedia konten sering menggunakan model pendapatan ini. Misalnya, versi online Consumer Reports menyediakan akses ke konten premium, seperti penilaian, ulasan, dan rekomendasi terperinci, hanya kepada pelanggan, yang memiliki pilihan untuk membayar biaya berlangganan bulanan sebesar $ 5,95 atau biaya tahunan sebesar $ 26,00.
Dalam model pendapatan bebas / free, perusahaan menawarkan layanan dasar atau konten secara gratis, sambil mengenakan premium untuk fitur lanjutan atau fitur khusus.
Dalam model pendapatan biaya transaksi, perusahaan menerima biaya untuk mengaktifkan atau melaksanakan transaksi.
Dalam model pendapatan afiliasi, situs Web (disebut “situs web afiliasi”) mengirim pengunjung ke situs Web lain dengan imbalan biaya rujukan atau persentase pendapatan dari penjualan yang dihasilkan.
WEB 2.0: JARINGAN SOSIAL DAN KEBIJAKSANAAN ORANG BANYAK
Salah satu area pendapatan e-commerce paling cepat berkembang adalah layanan online Web 2.0, yang kami jelaskan di Bab 7. Layanan Web 2.0 yang paling populer adalah jejaring sosial, tempat pertemuan online di mana orang dapat bertemu teman dan teman-teman mereka. Setiap hari lebih dari 60 juta pengguna internet di Amerika Serikat mengunjungi situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace, LinkedIn, dan ratusan lainnya. Situs jejaring sosial menghubungkan orang-orang melalui hubungan bisnis dan pribadi mereka, sehingga memungkinkan mereka menambang teman mereka (dan teman -teman mereka) untuk prospek penjualan, tip kerja, atau teman baru.
Menciptakan situs di mana ribuan, bahkan jutaan orang dapat berinteraksi menawarkan bisnis kepada perusahaan yaitu cara baru untuk memasarkan dan mengiklankan, serta untuk menemukan siapa yang suka (atau membenci) produk mereka. Dalam sebuah fenomena yang disebut “kebijaksanaan orang banyak,” beberapa orang berpendapat bahwa sejumlah besar orang dapat membuat keputusan yang lebih baik mengenai berbagai topik atau produk daripada satu orang atau bahkan komite ahli kecil (Surowiecki, 2004). Selain meminta saran, perusahaan dapat secara aktif membantu memecahkan beberapa masalah bisnis dengan menggunakan apa yang disebut crowdsourcing. Perusahaan juga bisa menggunakan kebijaksanaan orang banyak dalam bentuk prediksi pasar. Pasar prediksi ditetapkan sebagai pasar taruhan peer-to-peer dimana para peserta membuat taruhan pada hasil spesifik, katakanlah, penjualan produk baru tiga bulan, desain untuk produk baru, atau pemilihan politik.
E-COMMERCE MARKETING
Sementara e-commerce dan Internet telah mengubah seluruh industri dan memungkinkan model bisnis baru, industri tidak lebih terpengaruh daripada komunikasi pemasaran dan pemasaran. Internet memberi para pemasar cara baru untuk mengidentifikasi dan berkomunikasi dengan jutaan pelanggan potensial dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada media tradisional, termasuk pemasaran mesin telusur, data mining, sistem recommender, dan e-mail yang ditargetkan. Internet memungkinkan pemasaran panjang.
Banyak perusahaan pemasaran e-commerce menggunakan teknik penargetan perilaku untuk meningkatkan efektivitas iklan banner, multimedia, dan video. Penargetan perilaku mengacu pada pelacakan aliran klik (riwayat perilaku klik) individu di ribuan situs Web untuk tujuan memahami minat dan niat mereka, dan mengeksposnya ke iklan yang sesuai secara unik dengan tingkah laku mereka.
B2B E-COMMERCE: EFISIENSI BARU DAN HUBUNGANNYA
Perdagangan antara perusahaan bisnis (business-to-business commerce atau B2B) mewakili pasar yang sangat besar. Jumlah total perdagangan B2B di Amerika Serikat pada tahun 2009 adalah sekitar $ 12,2 triliun, dengan B2B e-commerce (B2B online) berkontribusi sekitar $ 3,6 triliun dari jumlah tersebut (Biro Sensus A.S., 2010; perkiraan penulis). Pada tahun 2014, B2B e-commerce telah tumbuh menjadi sekitar $ 5,1 triliun di Amerika Serikat, dengan asumsi tingkat pertumbuhan rata-rata sekitar 7 persen. Proses melakukan perdagangan antar perusahaan bisnis sangat kompleks dan membutuhkan intervensi manusia yang signifikan, dan karena itu mengkonsumsi sumber daya yang signifikan. Beberapa perusahaan memperkirakan bahwa setiap pesanan pembelian perusahaan untuk produk pendukung membebankan biaya tersebut, rata-rata, setidaknya $ 100 untuk biaya administrasi.
Sekitar 80 persen e-commerce online B2B masih berbasis pada sistem proprietary untuk electronic data interchange (EDI). Pertukaran data elektronik memungkinkan pertukaran komputer-komputer antara dua organisasi transaksi standar seperti faktur, bill of lading, jadwal pengiriman, atau pesanan pembelian.
Jaringan industri swasta biasanya terdiri dari perusahaan besar yang menggunakan ekstranet untuk terhubung ke pemasoknya dan mitra bisnis utama lainnya. Jaringan tersebut dimiliki oleh pembeli, dan memungkinkan perusahaan dan pemasok, distributor, serta mitra bisnis lainnya untuk berbagi desain dan pengembangan produk, pemasaran, penjadwalan produksi, manajemen persediaan, dan komunikasi tidak terstruktur, termasuk grafik dan e-mail. Istilah lain untuk jaringan industri swasta adalah pertukaran pribadi.
Ada banyak jenis pasar bersih dan cara mengklasifikasikannya. Beberapa pasar bersih menjual barang langsung dan beberapa menjual barang tidak langsung. Barang langsung adalah barang yang digunakan dalam proses produksi, seperti lembaran baja untuk produksi bodi mobil. Barang tidak langsung adalah barang lain yang tidak terlibat langsung dalam proses produksi, seperti perlengkapan kantor atau produk untuk perawatan dan perbaikan.
Bursa secara independen memiliki pasar bersih pihak ketiga yang menghubungkan ribuan pemasok dan pembeli untuk pembelian spot. Banyak bursa memberikan pasar vertikal untuk industri tunggal, seperti makanan, peralatan elektronik, atau peralatan industri, dan mereka terutama menangani input langsung.
10.3 MOBILE DIGITAL PLATFORM DAN MOBILE E-COMMERCE
Berjalanlah di jalan di area metropolitan utama manapun dan hitung berapa banyak orang yang sedang mogok di iPhone atau BlackBerry mereka. Naik kereta api, naik pesawat, dan Anda akan melihat sesama pelancong membaca koran online, menonton video di telepon mereka, atau membaca novel di Kindle mereka. Dalam lima tahun, mayoritas pengguna internet di Amerika Serikat akan mengandalkan perangkat mobile sebagai perangkat utama mereka untuk mengakses Internet. M-commerce telah lepas landas.
LAYANAN DAN APLIKASI M-COMMERCE
Bidang utama pertumbuhan dalam mobile e-commerce adalah layanan berbasis lokasi, sekitar $ 215 juta pendapatan pada tahun 2010; penjualan aplikasi perangkat lunak di toko-toko seperti iTunes (sekitar $ 1,8 miliar); download hiburan nada dering, musik, video, dan acara TV (sekitar $ 1 miliar); iklan display seluler ($ 784 juta); layanan belanja langsung seperti Slifter ($ 200 juta); dan penjualan e-book ($ 338 juta). Aplikasi m-commerce telah diluncurkan untuk layanan yang sangat penting, yang menarik perhatian orang-orang yang sedang bergerak, atau yang menyelesaikan tugas dengan lebih efisien daripada metode lainnya.
Layanan Berbasis Lokasi
Wikitude.me menyediakan jenis browser khusus untuk ponsel pintar yang dilengkapi dengan sistem penentuan posisi global (GPS) dan kompas yang dapat mengidentifikasi lokasi Anda yang tepat dan di mana telepon diarahkan. Dengan menggunakan informasi dari lebih dari 800.000 tempat menarik yang tersedia di Wikipedia, ditambah ribuan situs lokal lainnya, browser akan melapisi informasi tentang tempat menarik yang Anda lihat, dan menampilkan informasi itu di layar ponsel cerdas Anda, yang dilapiskan pada peta atau foto yang baru saja Anda lihat .
Perbankan dan Jasa Keuangan
Bank dan perusahaan kartu kredit meluncurkan layanan yang memungkinkan pelanggan mengelola akun mereka dari perangkat mobile mereka. Pelanggan JPMorgan Chase dan Bank of America dapat menggunakan ponsel mereka untuk memeriksa saldo rekening, mentransfer dana, dan membayar tagihan.
Periklanan dan Ritel Nirkabel
Meskipun pasar iklan mobile saat ini kecil ($ 784 juta), tumbuh dengan cepat (naik 17 persen dari tahun lalu dan diperkirakan akan tumbuh menjadi lebih dari $ 6,2 miliar pada tahun 2014), karena semakin banyak perusahaan mencari cara untuk memanfaatkan database baru lokasi- informasi spesifik.
Game dan Hiburan
Ponsel telah berkembang menjadi platform hiburan portabel. Smartphone seperti iPhone dan Android menawarkan download dan streaming game digital, film, acara TV, musik, dan nada dering. Pengguna layanan broadband dari vendor nirkabel utama dapat melakukan streaming klip video on-demand, klip berita, dan laporan cuaca. MobiTV, yang ditawarkan oleh Sprint dan AT & T Wireless, menampilkan program TV langsung, termasuk MSNBC dan Fox Sports. Perusahaan film mulai memproduksi film pendek yang secara eksplisit dirancang untuk dimainkan di ponsel.
10.4 MEMBANGUN SITUS WEB E-COMMERCE
Membangun situs e-commerce yang sukses memerlukan pemahaman bisnis, teknologi, dan isu sosial yang tajam, serta pendekatan yang sistematis. Perlakuan lengkap terhadap topik ini berada di luar cakupan teks ini, dan siswa harus berkonsultasi dengan buku yang hanya membahas topik ini (Laudon and Traver, 2011). Dua tantangan manajemen yang paling penting dalam membangun situs e-commerce yang sukses adalah (1) mengembangkan pemahaman yang jelas tentang tujuan bisnis Anda dan (2) mengetahui bagaimana memilih teknologi yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.
PIECES PUZZLE SITE-BUILDING
Pertama, Anda harus menyadari area utama di mana Anda perlu membuat keputusan. Pada bagian organisasi dan sumber daya manusia, Anda harus mengumpulkan tim individu yang memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk membangun dan mengelola situs e-commerce yang sukses. Tim ini akan membuat keputusan penting tentang teknologi, desain situs, dan kebijakan sosial dan informasi yang akan diterapkan di situs Anda. Seluruh upaya pengembangan situs harus dikelola dengan ketat jika Anda berharap terhindar dari bencana yang terjadi di beberapa perusahaan. Anda juga perlu membuat keputusan tentang perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur perkantoran Anda. Tuntutan pelanggan Anda harus mendorong pilihan teknologi Anda. Pelanggan Anda menginginkan teknologi yang memungkinkan mereka menemukan yang mereka inginkan dengan mudah, melihat produk, membeli produk, dan kemudian menerima produk dari gudang Anda dengan cepat. Anda juga harus mempertimbangkan dengan hati-hati desain situs Anda. Begitu Anda telah mengidentifikasi area pengambilan keputusan utama, Anda perlu memikirkan rencana proyek.
TUJUAN BISNIS, FUNGSIONALITAS SISTEM, DAN PERSYARATAN INFORMASI
Dalam merencanakan situs Web Anda, Anda perlu menjawab pertanyaan, “Apa yang kita inginkan dari situs e-commerce untuk bisnis kita?” Pelajaran utama yang harus dipelajari di sini adalah membiarkan keputusan bisnis mendorong teknologi, bukan sebaliknya. Ini akan memastikan bahwa platform teknologi Anda selaras dengan bisnis Anda. Kami akan berasumsi bahwa Anda telah mengidentifikasi strategi bisnis dan memilih model bisnis untuk mencapai tujuan strategis Anda. Perencanaan Anda harus mengidentifikasi tujuan bisnis yang spesifik untuk situs Anda, dan kemudian mengembangkan daftar fungsi sistem dan persyaratan informasi. Tujuan bisnis hanyalah kemampuan yang Anda inginkan untuk dimiliki situs Anda. Fungsi sistem adalah jenis kemampuan sistem informasi yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Persyaratan informasi untuk suatu sistem adalah elemen informasi yang harus dihasilkan sistem agar mencapai tujuan bisnis.
MEMBANGUN SITUS WEB: DI DALAM RUMAH VERSUS OUTSOURCING
Ada banyak pilihan untuk membangun dan memelihara situs Web. Banyak tergantung berapa banyak uang yang ingin Anda belanjakan. Pilihan berkisar dari outsourcing seluruh pengembangan situs web ke vendor eksternal untuk membangun semuanya sendiri (di-rumah). Anda juga memiliki keputusan kedua untuk membuat: akankah Anda meng-host (mengoperasikan) situs di server perusahaan Anda sendiri atau akankah Anda melakukan outsourcing hosting ke penyedia host Web? Ada beberapa vendor yang akan merancang, membangun, dan meng-host situs Anda, sementara yang lain akan membangun atau host (tapi tidak keduanya).
Keputusan Pembangunan
Jika Anda memilih untuk membangun situs Anda sendiri, ada berbagai pilihan. Kecuali Anda cukup terampil, Anda harus menggunakan template sebelumnya untuk membuat situs Web.
Keputusan Hosting
Sekarang mari kita lihat keputusan hosting. Sebagian besar bisnis memilih untuk melakukan outsourcing hosting dan membayar perusahaan untuk meng-host situs Web mereka, yang berarti bahwa perusahaan hosting bertanggung jawab untuk memastikan situs tersebut “live” atau dapat diakses, 24 jam sehari. Dengan menyetujui biaya bulanan, bisnis tidak perlu memikirkan aspek teknis dalam menyiapkan dan merawat server Web, tautan telekomunikasi, atau penempatan khusus.
Anggaran Situs Web
Situs Web Sederhana dapat dibangun dan dihuni dengan biaya tahun pertama sebesar $ 5.000 atau kurang. Situs web perusahaan besar dengan tingkat interaktivitas dan keterkaitan yang tinggi dengan sistem perusahaan menghabiskan biaya beberapa juta dolar setahun untuk dibuat dan dioperasikan.
Share:

No comments:

Post a Comment

Keep Traveling

Total Pageviews

Popular

Blog Archive

Recent Posts