SUBSTANSI
KAJIAN
Karakter
merupakanJati diri manusia & kematangan diri, Jujur, disiplin dan tanggung
jawab, Kreatif, inovatif dan Berpikir positif dan percaya diri, Sikap Ilmiah
dan Etika berkarya Etos kerja dan konsistensi Komunikasi dan adaptasi
PERNAHKAH ANDA BERPIKIR TENTANG DIRI ANDA SENDIRI
ANDA PERLU MENJAWAB PERTANYAAN BERIKUT INI
Siapakah
saya ? Apa karakter saya ? Bagaimana Kepribadian saya ? Apa kelebihan dan
kekurangan saya ? Mengapa saya bisa seperti ini ? Mengapa saya berbeda ?
Bagaimana saya menjadi seperti sekarang ini ?” Bila Ya, kapan terakhir
kali berpikir tentang hal tersebut ?
KARAKTER & KEPRIBADIAN MANUSIA
·
Sifat, perilaku, akhlak, watak, tabiat dan
budipekerti.
·
Satu set tingkah laku atau perilaku (behaviour)
dari seseorang sehingga dari perilakunya tersebut, orang akan mengenalnya“ia
seperti apa”.
·
Karakter seseorang disengaja atau tidak,
didapatkan dari orang lain yang sering berada di dekatnya atau yang sering
mempengaruhinya, kemudian ia mulai meniru untuk melakukannya
·
KEPRIBADIAN Merupakan sifat yang dibawa sejak
lahir dengan kata lain kepribadian bersifat genetis.
FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MANUSIA
·
Determinisme Genetis, (Keturunan)
·
Determinisme Psikis, (Perlakuan Keluarga)
·
Determinisme Lingkungan
KARAKTER & KEPRIBADIAN MANUSIA
·
Manusia itu lahir hanya
membawa “personality” atau kepribadian.
·
4 macam Kepribadian manusia :
3.
Koleris : tipe ini bercirikan pribadi yang suka
kemandirian, tegas, berapi-api, suka tantangan, bos atas dirinya sendiri.
4.
Sanguinis : tipe ini bercirikan suka dengan hal
praktis, happy dan ceria selalu, suka kejutan, suka sekali dengan kegiatan
sosial dan bersenang-senang.
5.
Phlegmatis : tipe ini bercirikan suka
bekerjasama, menghindari konflik, tidak suka perubahan mendadak, teman bicara
yang enak, menyukai hal yang pasti.
6.
Melankolis : tipe ini bercirikan suka dengan hal
detil, menyimpan kemarahan, Perfection, suka instruksi yang jelas, kegiatan
rutin sangat disukai.
TEORI DASAR KEPRIBADIAN
·
Kepribadian adalah semua corak perilaku dan kebiasaan
individu yang terhimpun dalam dirinya dan digunakan untuk bereaksi serta
menyesuaikan diri terhadap segala rangsangan baik dari luar maupun dari dalam.
·
Corak perilaku dan kebiasaan ini merupakan
kesatuan fungsional yang khas pada seseorang (Depkes, 1992).
·
Perkembangan kepribadian tersebut bersifat
dinamis, artinya selama individu masih bertambah pengetahuannya dan mau belajar
serta menambah pengalaman dan keterampilan, mereka akan semakin matang dan
mantap kepribadiannya
TEORI DASAR KEPRIBADIAN
·
Kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari
sistem psiko-fisik indvidu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran indvidu
secara khas. Terjadinya Interaksi psiko-fisik mengarahkan tingkah laku manusia.
(Gordon W.Allport)
·
Maksud dinamis: perilaku mungkin saja
berubah-ubah melalui proses pembelajaran atau melalui pengalaman, reward,
punishment, pendidikan dsb.
·
Misalnya seorang pemalas setelah menjadi
mahasiswa menjadi rajin, maka kepribadiannya berubah.
·
Perilaku SMA berubah menjadi perilaku mahasiswa.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN
1. FAKTOR
STIMULASI GEN DAN CARA BERPIKIR
Berdasarkan
penelitian Kazuo Murakami, Ph.D dari Jepang dalam bukunya The Divine message of
the DNA. Menyimpulkan bahwa kepribadian sepenuhnya dikendalikan oleh gen yang
ada dalam sel tubuh manusia baik yang bersifat Dorman (tidur) atau tidak aktip
dan yang bersipat aktip. Adanya faktor genetik menimbulkan Perbedaan meliputi:
tingkat aktivitas, rentang atensi, adaptabilitas pada perubahan lingkungan
2. FAKTOR LINGKUNGAN
Perlekatan (attachment): kecenderungan bayi untuk mencari kedekatan dengan
pengasuhnya dan untuk merasa lebih aman dengan kehadiran pengasuhnya dapat
mempengaruhi kepribadian. Teori perlekatan (Jhon Bowlby) menunjukkan :
kegagalan anak membentuk perlekatan yang kuat dengan satu orang atau lebih
dalam tahun pertama kehidupan berhubungan dengan ketidakmampuan membentuk
hubungan dengan orang lain pada masa dewasa
TIPE ORIENTASI KEPRIBADIAN MANUSIA
1.
TIPE REALISTIK . Menyukai pekerjaan yang sifatnya
konkret, yang melibatkan kegiatan sistematis, seperti mengoperasikan mesin,
peralatan. Tipe seperti ini tidak hanya membutuhkan keterampilan, komunikasi,
atau hubungan dengan orang lain, tetapi dia memiliki fisik yang kuat. Bidang
karier yang cocok, yaitu perburuhan, pertanian, barber shop, dan konstruski.
2.
TIPE INTELEKTUAL/INVESTIGATIVE . Menyukai hal-hal
yang teoritis dan konseptual, cenderung pemikir daripada pelaku tindakan,
senang menganalis, dan memahami sesuatu. Biasanya menghindari hubungan sosial
yang akrab. Tipe ini cocok bekerja di laboratorium penelitian, seperti
peneliti, ilmuwan, ahli matematika.
3.
TIPE SOSIAL. Senang membantu atau bekerja dengan
orang lain. Dia menyenangi kegiatan yang melibatkan kemampuan berkomunikasi dan
ketrampilan berhubungan dengan orang lain, tetapi umumnya kurang dalam
kemampuan mekanikal dan sains. Pekerjaan yang sesuai, yaitu guru/pengajar,
konselor, pekerja sosial, guide, dan bartender.
TIPE ORIENTASI KEPRIBADIAN MANUSIA
4. TIPE
KONVENSIONAL. Menyukai pekerjaan yang terstruktur atau jelas urutannya,
mengolah data dengan aturan tertentu. Pekerjaan yang sesuai, yaitu sekretaris,
teller, filing, serta akuntan.
5. TIPE
USAHA/ENTERPRISING. Cenderung mempunyai kemampuan verbal atau komunikasi yang
baik dan menggunakannya untuk memimpin orang lain, mengatur, mengarahkan, dan
mempromosikan produk atau gagasan. Tipe ini sesuai bekerja sebagai sales,
politikus, manajer, pengacara atau agensi iklan.
6. TIPE ARTISTIK .
Cenderung ingin mengekspresikan dirinya, tidak menyukai struktur atau aturan,
lebih menyukai tugas-tugas yang memungkinkan dia mengekspresikan diri. Karier
yang sesuai, yaitu sebagai musisi, seniman, dekorator, penari, dan penulis
KARAKTER
·
Karakter sebagai suatu penilaian subyektif terhadap
kepribadian seseorang yang berkaitan dengan atribut kepribadian yang dapat atau
tidak dapat diterima oleh masyarakat.
·
Karakter adalah jawaban mutlak untuk menciptakan
kehidupan yang lebih baik didalam masyarakat.
·
Pendidikan Karakter adalah pemberian pandangan
mengenai berbagai jenis nilai hidup, seperti kejujuran, kecerdasan, kepedulian
dan lain-lainnya.
·
Karakter bukanlah sesuatu bawaan sejak lahir Karakter
tidak bisa diwariskan, Karakter tidak bisa ditukar.
·
Karakter harus dibangun Karakter perlu
dikembangkan secara sadar hari demi hari dengan melalui suatu proses yang
tidakinstan.
·
Karakter merupakan pilihan dari masing-masing
individu yang perlu dikembangkan dan perlu di bina, sejak usia dini (idealnya).
Contoh
Karakater
Pemarah,
pemalu, pembohong, jujur, pengiri, munafik, penolong, penyabar, relijius,
materialistis, egois, dermawan, sombong, pendiam, tanggung-jawab,
tidak-tahu-malu, penurut, otoriter, penyayang, pendendam, tidaktahu-diri dan
lain sebagainya.
APLIKASI PENDIDIKAN KARAKTER
·
Penanaman moral, nilai-nilai etika, estetika,
budi pekerti yang luhur dsb. Pemberian penghargaan (prizing) kepada yang
berprestasi, dan hukuman kepada yang melanggar,
·
Menumbuhsuburkan (cherising) nilai-nilai yang
baik dan sebaliknya mengecam dan mencegah (discowaging) berlakunya nilai-nilai
yang buruk.
DOMEIN PEMBENTUKAN KARAKTER
·
Domein kognitif : Menjadi faham
(knowing the good/moralknowing)
·
Domein affektif : Mampu merasakan &
keinginan untuk berbuat kebajikan (desiring the good/loving the good/moral
feeling)
·
Domein psikomotorik: Mau melakukan (action the
good/moral action)
Karakter : Ditandai
dan memfokuskan pada bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk
tindakan atau tingkah laku
NILAI ETIK UTAMA DARI KARAKTER
(CORE ETHICAL VALUE)
(CORE ETHICAL VALUE)
·
Dapat dipercaya (trustworthy) meliputi : sifat
jujur (honesty) & integritas (integrity)
·
Memperlakukan orang lain dengan hormat (treats
people with respect)
·
Bertanggung jawab (responsible),
Adil (fair), Kasih sayang (caring), Warga negara yang baik (good
citizen)
PILAR
KARAKTER
·
Cinta Tuhan & Kebenaran
·
Tanggung jawab, kedisiplinan & Kemandirian
·
Amanah
·
Hormat dan Santun
·
Kasih sayang
·
Kepedulian & Kerjasama
PILAR
KARAKTER
·
Percaya Diri,
·
Kreatif & Pantang Menyerah
·
Keadilan dan Kepemimpinan
·
Baik dan Rendah Hati
·
Toleransi dan Cinta Damai
No comments:
Post a Comment