Sistem Informasi dalam Kegiatan Bisnis Global Saat Ini


Bab 1 SISTEM INFORMASI DALAM KEGIATAN BISNIS GLOBAL SAAT INI
A.PERANAN SISTEM INFORMASI DALAM BISNIS SAAT INI
            Sistem Informasi merupakan dasar bagi jalannya bisnis saat ini. Sistem informasi menjadi sangat penting dalam membantu perusahan dalam Ekonomi Global. Organisasi mengubah dirinya menjadi perusahaan digital yang menggunakan Teknologi digital dalam hal proses bisnis Inti, hubungan pelanggan, pemasok dan karyawan
Bagaimana Sistem Informasi Mengubah Bisnis
 Lihat perubahan cara Perusahaan mengelola bisnis sekarang. Semakin banyak data telepon Sellular dibandingkan dengan telepon konfensional. Perangkat HP, Blackberry, Smart phone,Ipad, email, Blog, teleconference menjadi sangat penting. Tahun 2011-> >2,267,233,742 pengguna internet didunia. 5 Juta Orang Amerika membeli sesuatu di Internet setiap hari, 19 Juta orang melakukan riset produk di internet, E-commerce dan Iklan via internet mengalami ledakan. Pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 55 Juta orang tahun 2011.
Apa yang Baru dalam Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi yang mengalami perubahan terus-menerus dalam teknologi,penggunaan teknologi menjadi dampak pada keberhasilan suatu bisnis ,Bisnis baru dan industri muncul serta perusahaan sukses adalah mereka yang belajar bagaimana menggunakan teknologi baru.Dengan adanya IPhone,IPads,BlackBerry dan Web-surfing netbook semua  alat ini tidak hanya gadget atau hiburan belaka,banyak manajer yang menggunakan perangkat ini untuk mengkoordinasi pekerjaan,berkomunikasi dengan karyawan,dan menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.Kekuatan komputasi dan pertumbuhan platform mobile digital memungkinkan organisasi untuk lebih mengandalkan telework,kerja jarak jauh,dan keputusan terdistribusi.Dengan Platform yang sama berarti perushaan bisa lebih banyak memasang iklan dan lebih mudah dalam menawarkan produknya.
Tantangan Dan Peluang Globalisasi : Dunia Diratakan
Sebuah Dunia Diratakan maksud dari hal ini di utarakan oleh wartawan Thomas Friedman menulis sebuah buku yang menyatakan dunia sekarang “datar”,yang maksudnya bahwa komunikasi internet dan global telah sangat mempengaruhi keuntungan ekonomi dan budaya dari Negara maju,Teknologi Informasi adalah salah satu alat manajer yang digunakan untuk aktivitas input,proses,dan output dalam sebuah sistem informasi,jaringan terbesar di dunia dan paling banyak digunakan adalah internet,internet adalah “sebuah jaringan dari jaringan”global yang menggunakan standar universal  internet juga digunakan sebagai alat untuk menghubungkan jutaan jaringan yang berbeda dengan lebih dari 1,4 miliar pengguna di lebih dari 230 negara seluruh dunia,internet telah menciptakan sebuah “universal”platform teknologi untuk membangun produk baru,layanan,strategi,dan model bisnis.Platform teknologi yang sama memiliki penggunaan internal ,mnyediakan koneksi untuk menghubungkan sistem yang berbeda dan jaringan dalam perusahaan.
Berkembangnya Perusahaan Digital
Perusahaan digital adalah perusahhan yang memiliki hubungan penting terhadap pelanggan, pemasok, dan karyawan secara digital melalui jaringan digital dengan lingkup keseluruhan organisasi yang saling terhubung.contoh dari proses bisnis adalah pengembanagn produk baru, pembuatan dan pemenuhan pesanan, penciptaan perencanaan pemasaran, dan perekrutan karyawan.
Tujuan Bisnis Strategis Sistem Informasi.
Perusahaan bisnis berinvestasi lebih pada sistem informasinya secara khusu untuk mencapai enam tujuan bisnis strategis: keunggulan operasional,produk,jasa dan model bisnis baru, hubungan pelanggan dan pemasok, pengambilan keputusan yang semakin baik, keunggulan kompetitif dan kelangsungan usaha.
B.Perspektif Dalam Sistem Informasi
Apa itu sistem informasi?
Sistem informasi secara teknis dapat didefinisikan sebagai sekumpulan komponen yang saling berhubungan ,mengumpulkan (atau mendapatkan), memproses atau menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi.

Tiga aktivitas didalam sistem informasi akan memproduksi informasi yang dibutuhkan organisasi untuk membuat keputusan, mengendalikan operasi, menganalisis permasalahan dan menciptakan produk baru. Aktivitas tersebut adalah:
a.input yaitu merekam atau mengumpulkan data mentah dari dalam maupun luar organisasi.
b.pemrosesan (processing) yaitu mengubah data input mentah menjadi bentuk yang berarti.
c.Output yaitu mengirimkan informasi yang telah di proses tersebut ke orang-orang yang akan menggunakan inforemasi tersebut.

Dimensi Sistem Informasi
Penggunaan sistem informasi secara efektif memerlukan pemahaman dari organisasi,manajemen, dan teknologi informasi yang membentuk sistem tersebut. Sebuah sistem informasi membentuk nilai bagi perusahaan sebagai suatu organisasi dan solusi manajemen atas tantangan yang didapat dari lingkungan.
Organisasi bisnis merupakan hierarki yang terdiri atas tiga tingkatan dasar: manajemen senior,manajemen tingkat menengah, dan manajemen tingkat operasional. Sistem informasi melayani ketiga tingkatan tersebut. Ilmuwan dan pekerja ahli sering berkerja dengan manajemen tingkat menengah.
Ini Bukan Sekedar Teknologi: Sebuah perspektif bisnis atas sistem informasi.
Dari perspektif bisnis, sistem informasi merupakan bagian dari rentetan kegiatan menambah nilai untuk mendapatkan mengubah dan menyebarkan informasi yang dapat digunakan manajer untuk meningkatkan pengambilan keputusan, meningkatkan kinerja perusahaan dan akhirnya meningkatkan profitabilitas.
Aset Komplementer: Modal Organisasi dan Model Bisnis Yang Tepat.
 Aset komplementer merupakan aset yang dibutuhkan untuk mendapatkan nilai dari investasi utamanya, sebagai contoh, untuk menciptakan nilai atas mobil membutuhkan investasi tambahan yang substansial atas jalan tol, jalan raya, pom bensin, bengkel, dan struktur peraturan hukum yang mengatur dan mengawasi para pengendara.
 C.Pendekatan Kontemporer Terhadap Sistem Informasi
 Secara umum, bidang sistem informasi dapat dilihat dengan pendekatan teknis dan pendekatan prilaku.sistem informasi merupakan sistem sosioteknnis.sistem informasi tetap membutuhkan substansi sosial,organisasi,dan investasi intelektualuntuk bisa berjalan dengan layak walaupun sistem ini terdiri atas mesin dan teknologi fisik.

Pendekatan Teknis
 Pendekatan teknis terhadap sistem informasi menekankan model matematika untuk memepelajari sistem informasi,serta penekanan pada teknologi secara fisik dan kemampuan format dari sistem tersebut.disiplin ilmu yang berkontribusi adalah ilmu komputer ,metode kuantitatif,dan riset operasi.

Pendekatan Perilaku
 Pendekatan prilaku sebenarnya tidak mengabaikan teknologi,teknologi sistem informasi sering menjadi penyebab bagi permasalahan atau isu prilaku.tetapi fokus dari pendekatan ini umumnya bukan pada solusi teknisnya,sebaliknya pendekatan ini berkonsentrasi pada perubahan tingkah laku,kebijakan manajemen dan organisasi dan prilaku.

Pendekatan Sistem Sosioteknis
 Dalam perspektif sosioteknis ,kinerja sistem akan optimal pada saat teknologi dan organisasi secara bersama-sama saling menyesuaikan sampai tingkat kombinasi yang memuaskan diperoleh.

Share:

No comments:

Post a Comment

Keep Traveling

Total Pageviews

Popular

Blog Archive

Recent Posts